Senin, 04 Mei 2015

Profil Program Studi

A.    Profil Program Studi Pendidikan Matematika
Program Studi Pendidikan Matematika berdiri sejak Tahun 1990 melalui Surat Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia No. 082/O/1990. Program studi Pendidikan Matematika merupakan unsur pelaksana STKIP PGRI Nganjuk dalam bidang pendidikan dan pengajaran, penelitian, dan pengabdian pada masyarakat, khususnya yang berhubungan dengan pengembangan ilmu pendidikan, dan ilmu keguruan melalui pengkajian keilmuan yang dilakukan segenap unsur civitas dalam program studi.
Program Studi Pendidikan Matematika adalah salah satu program studi pada STKIP PGRI Nganjuk yang merancang dan mengembangkan pendidikan dan pengajaran, penelitian serta pengabdian pada masyarakat dalam bidang pengetahuan Matematika.

B.     Struktur Organisasi Program Studi Pendidikan Matematika
                                                                                                                                                                                                                         
C.     Fasilitas
Fasilitas Perkuliahan
Kampus STKIP PGRI Nganjuk berada di lokasi yang sangat strategis yaitu di Jalan A.R Shaleh No. 21 Nganjuk.  Sarana pendukung kegiatan belajar mengajar telah memadai, hal ini dapat dilihat dari ketersediaan ruang kuliah, perpustakaan, ruang dosen, ruang unit BAAK, ruang unit BAUK, ruang UPPL, ruang LPPM, ruang Sema, ruang UKM, ruang Karawitan, ruang layanan akademik, Laboratorium Komputer, Laboratorium Bahasa Inggris, Laboratorium Matematika, ruang teleconference (ruang Inherent), Ruang Micro Teaching, ruang pertemuan seminar, ruang serbaguna, English Centre (EC), Mushola, serta kantin. Luas ruangan yang memadai yang ditunjukkan dari rasio ketersediaan ruang kuliah mahasiswa.
Terdapat juga ruang dosen/ruang-ruang unit yang sangat mempengaruhi proses KBM sehingga menjadi kondusif. Selain tempat dosen berinteraksi, ruang tersebut juga dapat digunakan untuk proses KBM maupun diskusi bagi mahasiswa.
Ruang Akademik merupakan sarana pendukung lainnya dalam menciptakan suasana akademis yang kondusif.  Ruang Akademik memiliki fasilitas internet untuk digunakan mahasiwa dalam  memperoleh informasi terkini dan up to date, yang dapat memberikan manfaat tambahan bagi mahasiswa untuk mengakses SIAKAD, SIKEU ataupun sumber belajar. Referensi sumber belajar juga bisa didapat dari perpustakaan. Perpustakaan memiliki koleksi buku, jurnal online, dan ebook sehingga sangat membantu mahasiswa yang sedang menyelesaikan tugas akhir (skripsi) ataupun mahasiswa yang mencari sumber belajar.

Laboratotium yang dimiliki
Untuk menunjang kegiatan pendidikan/ pembelajaran, praktikum, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat, Program Studi Pendidikan Matmatika memusatkan kegiatan pada laboratorium guna mendukung capaian pembelajaran mahasiswa dan lulusan. Beragam kegiatan yang meliputi praktikum, analisis, pelatihan, simulasi dan penelitian telah dilakukan di laboratorium-laboratorium di lingkungan Program Studi Pendidikan Matematika. Laboratorium-laboratorium tersebut meliputi:
1.      Laboratorium Matematika
2.      Laboratorium Komputer
3.      Laboratorium Bahasa Inggris
4.      Micro Teaching
5.      Ruang Inherent

D.    Gelar yang Diperoleh
Gelar yang diperoleh oleh lulusan Program Studi Pendidikan Matematika adalah Sarjana Pendidikan (S.Pd.)

E.     Pendidikan Lanjutan yang dapat ditempuh
Lulusan Program Studi Pendidikan Matematika STKIP PGRI Nganjuk dapat melanjutkan studi ke Program Magister Pendidikan Matematika baik di dalam  maupun luar negeri.

F.      Prospek Kerja
1.      Pendidik Matematika
2.      Asisten Peneliti Matematika
3.      Pengusaha atau pelaku bisnis pada bidang pendidikan ataupun non kependidikan
4.      Pemerintahan Daerah (PEMDA) dengan dinas-dinas teknisnya
5.      Lembaga pembiayaan seperti bank pemerintah atau swasta
Dan masih banyak pekerjaan lain yang menjadi prospek kerja lulusan Program Studi Pendidikan Matematika.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Back to Top